Jenis-Jenis Olahraga Tepat Untuk Anak Usia Dini

Olahraga Tepat Anak Usia Dini

Jenis-Jenis Olahraga Tepat Untuk Anak Usia Dini

Olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas yang dinilai sangat penting baik untuk anak-anak. Remaja, dewasa maupun lansia. Dan di kesempatan ini. Kami akan mengulas sedikit informasi mengenai jenis-jenis olahraga cocok untuk dilakukan oleh anak-anak.

Menurut sebuah penelitian menyebutkan, bahwa anak yang memang sudah terbiasa dengan olahraga sejak kecil maka ketika ia dewasa ia akan melakukan hal yang sama. Sehingga mereka akan tumbuh dan berkembang dengan baik, sehat serta mereka akan terus menjaga kesehatannya hingga mereka dewasa.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa setidaknya anak-anak membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk melakukan olahraga yang mana bertujuan untuk melatih fisik mereka. Bahkan bagi anak-anak yang sudah terbiasa berolahraga sejak dini bisa menurunkan resiko terjadinya obesitas ketika mereka besar.

Jenis-Jenis Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis olahraga yang cocok untuk anak-anak usia dini. Pastikan Anda sebagai orangtua bisa mendampingi bentuk aktifitas fisik ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Lantas apa saja bentuk olahraga yang cocok untuk anak usia dini? Berikut ulasannya:

Berlari dan Berjalan

Jenis olahraga pertama yang baik dan tepat untuk anak-anak adalah berlari dan juga berjalan. Olahraga jenis ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dan sebaiknya Anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan olahraga ini di pagi hari. Dan Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan atau sedikit berlari mengitari komplek perumahan Anda, atau bahkan Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan santai di sebuah taman atau dimanapun yang pastinya sesuai dengan si kecil agar bebas bergerak.

Olahraga Populer Untuk Anak Usia Dini

Melompat

Melompat merupakan salah satu gerakan sederhana yang pastinya bisa dilakukan dengan mudah oleh si kecil. Ketika si kecil melakukan lompatan, maka disini Anda bisa melatih mereka untuk memperkuat otot dan juga persendian mereka. Agar kegiatan ini bisa membuat si kecil merasa senang, maka Anda bisa mengajak si kecil untuk melompat dengan berbagai cara yang menyenangkan sekaligus mengajaknya bermain.

Bergelantungan

Jenis olahraga lainnya yang bisa Anda terapkan untuk buah hati Anda yang masih ada di usia dini yaitu dengan mengajaknya bergelantung di tempat yang memang memiliki pegangan atau di pohon. Jenis olahraga ini juga dikenal atau dinilai baik untuk melatih genggaman otot tangan si kecil. Anda juga bisa menerapkan cara yang menyenangkan atau bahkan ajak si kecil bergelantungan sambal bermain, maka dengan Anda melakukan hal ini si kecil tidak akan merasa terbebani dan ia akan melakukannya dengan senang hati tanpa adanya paksaan dari Anda sebagai orangtua.

Olahraga Sepeda

Setiap anak pastinya akan selalu mengingat proses bagaimana ia dulu belajar mengayuh sepeda. Umumnya di awal pengenalan orangtua akan memberikan sepeda yang memiliki roda 4, dan secara perlahan Anda bisa mengajarinya untuk mengayuh sepeda dengan 2 roda. Ketika si kecil mengayuh sepeda, biasanya mereka akan merasa sangat bahagia. Tidak hanya membuatnya bahagia, namun dengan bersepeda kesehatan si kecil juga bisa tetap terjaga dengan baik.

Olahraga Inline Skating

Jenis olahraga yang terakhir ini merupakan jenis olahraga yang paling populer. Untuk anak-anak yang memang memiliki keterampilan motoric yang sangat baik, maka Anda bisa memulai mengajari si kecil hal ini ketika mereka berusia 4 tahun. Jika ternyata si kecil sangat menyukai kegiatan ini, maka Anda bisa melanjutkan jenis olahraga ini dengan pelatih yang profesional yang pastinya lebih memiliki pengalaman banyak mengenai hal tersebut.